Cadangkan Pakan di Musim Kemarau, Peternak Tlogowungu Gunakan Silase

Pati, Mitrapost.com– Untuk mengatasi kekurangan pakan hijauan di musim kemarau. Peternak di Desa Tlogosari, Kecamatan Tlogowungu, Kabupaten Pati melakukan pengawetan hijauan. Pengawetan hijauan dilakukan dengan cara silase.

Silase merupakan pakan ternak yang masih memiliki kadar air tinggi sebagai hasil pengawetan hijauan pakan ternak. Pakan ini amat cocok untuk hewan ternak ruminansia, terutama kambing dan sapi.

Menurut Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa binaan Tlogosari, Sri Murtitik, menjelaskan jika dirinya bersama peternak melalui suatu proses fermentasi dengan dibantu menyediakan jasad renik dalam kondisi tanpa oksigen.

Baca Juga: Bupati Minta Masyarakat Bebaskan Tanah Kepemilikan untuk Proyek Jalan Lingkar

Wanita yang akrab disapa Titik itu mengatakan bahwa dengan proses fermentasi dari rumput-rumputan, maupun hijauan dapat diolah menjadi silase. Pakan ini bisa menjadi alternatif pakan di masa kemarau.

Baca Juga :   Penebusan Pupuk Bersubsidi Pakai Kartu Tani, Petani Kesulitan Buat Kartu Tani

“Pakan ini dapat menjadi cadangan pakan ternak di musim kemarau yang akan datang”, ucapnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati