oleh

Pemdes Harus Berperan, Kebutuhan Warga yang Isolasi Mandiri Harus Dipenuhi

Pati, Mitrapost.com – Pemerintah desa (Pemdes) diminta berperan aktif dan ikut andil dalam pananganan virus corona. Kebutuhan warga desa yang sedang menjalani isolasi mandiri harus dipenuhi oleh pihak pemerintah setempat.

Hal ini dikatakan oleh Bupati Pati Haryanto. Dalam surat edarannya yang bernomor Bupati Pati nomor 440/2525, Haryanto memerintahkan kepada pemerintah desa mengkoordinir dan memastikan pemenuhan kebutuhan logistik yang isolasi mandiri. Baik melalui swadaya masyarakat setempat, pemerintah desa dan pemerintah kabupaten. Surat Edaran ini dikeluarkan pada Jumat (11/6/2021) kemarin.

Bpkad Pati

Ketika dikonfirmasi, Bupati Pati membenarkan surat ini. Haryanto menyebutkan Pemdes mempunyai dana untuk penanganan Covid-19. Dan hal itu bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang isolasi mandiri.

Baca Juga :   Satu Anggota Dinkes Luwu Positif Covid-19, Kantor Ditutup Tiga Hari

Baca juga: Warga yang Isolasi Mandiri Harus Diawasi Ketat

“Ya dibantu pemda juga DD (dana desa) kan ada sebagian untuk penanganan Covid-19,” tutur Haryanto kepada wartawan Mitrapost.com, Sabtu (12/6/2021).

Berdasarkan informasi yang diterima Mitrapost.com, beberapa warga yang isolasi mandiri di rumah tidak dipantau dan kebutuhan logistiknya tidak dipenuhi oleh Pemdes.

Hal ini membuat yang bersangkutan terpaksa keluar rumah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Padahal belum ada hasil tes yang menyebutkan telah negatif Covid-19, meskipun telah menjalani isolasi selama dua minggu.

Baca juga: Darurat Covid-19, Wilayah Zona Merah di Pati Dilockdown

Haryanto yakin kejadian semacam ini tidak terulang lagi dengan adanya SE ini. “Setelah ada surat edaran, itu tidak terjadi lagi,” katanya.

Baca Juga :   Enam Nakes di Pati Positif Covid-19

Maka dari itu, ia dan jajaran Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Pati akan melakukan pemantauan kinerja Pemdes dalam penanganan Covid-19 di desa.

“Pasti (ada pemantauan). Tadi malam saya ke desa Bumiayu, Suwaduk, Wedarijaksa, Panggungroyom, Kajar, Trangkil semua yang isolasi dibantu desa dan warga dari pemda juga,” ujar Haryanto.

Sebelumnya, Haryanto memerintahkan kepada Pemdes untuk me-lockdown wilayah atau area yang berstatus zona merah penyebaran virus corona. Lockdown ini dilakukan agar mata rantai penyebaran virus corona terputus. (*)

Baca juga: 

Baca Juga :   Tak Punya Gedung Pelatihan, CPNS Pati Ikuti Latsar di Semarang dan Bandung

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait