Diskominfo Pati: Website Mangkrak Rawan Diretas

Pati, Mitrapost.com – Kabid Persandian pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pati, Sali, menjumpai banyaknya website di kantor pemerintah daerah (Pemda) Pati diretas.

Sali mengatakan hal ini terjadi lantaran situs di kantor tersebut tidak update dan jarang digunakan. Jadi sistem keamanannya mudah ditembus oleh peretas atau hacker.

Salah satu website yang diretas itu, muncul gambar monyet di halaman utama situs. “Di Puskesmas Cluwak itu. Soalnya website-nya pasif. Jarang digunakan lama. Namun, semua web yang sudah diretas sudah pulih semua ini,” bebernya.

Selain Puskesmas Cluwak, belum lama ini pihaknya menjumpai peretasan di DPRD Pati. Ada hacker yang menemukan celah pada keamanan web DPRD.

Baca Juga :   Setahun Ditanam, Tingkat Keberhasilan Tumbuh Rumput Vetiver Hanya 40 Persen

“Setelah ada laporan, computer security incident response team (CISRT) Diskominfo akan melakukan pantest (semacam uji keamanan) web yang diretas. Kemudian akan diberikan solusi penanganan. Mau ditangani sendiri atau pilih pihak ketiga,” terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati