oleh

DINSOS P2PA Demak Gencarkan Kampanye Stop Pernikahan Dini

Pandawa BPJS JKN PATI

Demak, Mitrapost.com – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DINSOS P2PA) melakukan kampanye stop pernikahan dini. Pasalnya, pernikahan dini banyak yang berdampak pada permasalahan sosial.

Menurut Kepala DINSOS P2PA, Eko Pringgolaksito, pernikahan dini dinilai kurang bagus jika dilihat dari kacamata kesehatan dan psikologis.

BPKAD Pati

“Kalau misalnya dia terpaksa melakukan pernikahan dini, nanti anak yang dihasilkan tidak bagus. Karena masih muda belum saatnya menikah,” kata Eko kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya.

Maka DINSOS P2PA khusus di bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, menggencarkan kampanye stop pernikahan dini. Ia pun mengaku berkoordinasi dengan beberapa pihak untuk mendukung gerakan tersebut.

“Ini sudah kita koordinasikan dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DINPERMADES P2KB), dan suluruh tokoh-tokoh masyarakat. Termasuk juga dengan Pengadilan Agama (PA). Agar tidak terlalu mudah memberikan rekomendasi untuk pernikahan dini,” imbuhnya.

Baca Juga :   Masjid Agung Demak Siapkan Armada untuk Pembagian Daging

Terlebih lagi, menurut Eko, pesatnya perkembangan teknologi saat ini dinilai turut andil sebagai penyebab terjadinya pernikahan dini yang tak direncanakan.

Dengan adanya perkembangan teknologi, seringkali pernikahan dini terjadi karena tidak direncanakan. “Pergaulan bebas, pemanfaatan teknologi yang tidak tepat yaitu chatingan di dunia maya lalu ketemu dan berbuat begitu,” ucapnya.

DINSOS P2PA pun megajak seluruh lapisan masyarakat termasuk tokoh agama untuk turut mengedukasi para generasi muda terkait pernikahan dini. Pihaknya sendiri pun memiliki pusat pelayanan terpadu terkait dengan perlindungan perempuan dan anak.

“Kita ada tim yang menangani permasalahan-permasalahan itu. Seringkali muncul orang tua, ternyata anaknya masih usia sekolah tapi sudah hamil duluan,” ujarnya. (*)

Baca Juga :   Pemkab Demak Salurkan Bantuan Rumah Tak Layak Huni

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait