oleh

Layanan Perpustakaan Dinarpus Pekalongan Ditutup Sementara

Pandawa BPJS JKN PATI

Mitrapost.com – Layanan perpustakaan milik Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan ditutup sementara.

Penutupan tersebut berhubungan dengan kebijakan pemerintah terkait perpanjangan masa PPKM Darurat hingga 25 Juli 2021.

BPKAD Pati

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinarpus melalui Pengelola IT Perpustakaan Kota Pekalongan, Muhammad Rizki.

Untuk sementara, layanan pinjam dan perpanjangan buku akan dilakukan melalui online, dengan menggunakan aplikasi ipekalongankota dan Whatsapp Gateway ‘Sinau Buku’ atau sistem informasi notifikasi buku.

“Per hari ini (21/7) sampai 25 juli layanan perpustakaan masih ditutup. Bagi masyarakat atau pemustaka yang masih memiliki tanggungan pinjaman, bisa melakukan perpanjangan buku melalui WA Gateway. Selama PPKM ini, kami tidak menerapkan sanksi skorsing bagi pemustaka yang telah habis tanggal peminjaman,”ungkap Rizki di Kantor Perpustakaan Kota Pekalongan, Jalan Jetayu no 2, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga :   Informasi Isolasi Terpusat Kota Pekalongan

Masyarakat bisa melakukan perpanjangan masa pinjaman buku melalui WA Gateway di nomor 085-60000-47-88. Kemudian, kirim pesan dengan format RENEW#Barcode.

Kebijakan tersebut tidak hanya berlaku untuk perpanjangan pinjaman buku, namun juga termasuk cek skrosing, cek masa aktif kartu, dan cek buku yang dipinjam dapat dilakukan dalam sistem tersebut.

Ia juga menyampaikan bahwa selama penerapan PPKM Darurat, antusias masyarakat untuk mengakses aplikasi ipekalongankota lebih banyak dibandingkan dengan masa sebelumnya.

Di dalam aplikasi tersebut, terdapat sebanyak 15ribu konten buku digital yang bisa diakses oleh masayarakat. Adapun buku yang sering dipinjam diantaranya adalah novel, buku parenting, dan keterampilan.

“Memang terjadi peningkatan pemustaka yang mengakses sekitar 30-40%. Biasanya yang mengakses buku digital yakni masyarakat umum, pelajar SMA, dan mahasiswa,” imbuhnya.

Baca Juga :   Lulus Uji Klinis Tahap Satu, Ganjar Dukung Vaksin Nusantara

Adapun informasi terkait layanan perpustakaan kota Pekalongan dapat diakses melalui media sosial Dinarpus kota Pekalongan maupun di website dinarpus.pekalongankota.go.id. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Mila Candra

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait