Refocusing Anggaran, Pemkab Pati Batal Subsidi Asuransi Pertanian

Pati, Mitrapost.com – Tahun ini pemerintah kabupaten Pati batal mensubsidi iuran Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) untuk para petani. Pembatalan ini diakibatkan oleh agenda refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19.

Hal ini diungkapkan oleh Rumillah Rukisih, Seksi Agribisnis kantor Dinas Pertanian Kabupaten Pati. Ia mengatakan, harusnya dana untuk mengcover asuransi pertanian dijadwalkan bisa turun bulan Agustus pada agenda perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Ada info dari Setda perubahan anggaran di batalkan. harusnya Agustus awal diundur Oktober. Ada info dari Sekda tahun ini dibatalkan. Kalau ngurangi bisa, kalau nambah anggaran tidak bisa. (alternatifnya)kita akan gandeng Jasindo dengan kemitraan lagi,” kata Rukisih kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya, Selasa (3/8/2021).

Baca Juga :   Belum Diperbolehkan Gelar Kajian, Penyuluh Agama Islam: Jamaah Menunggu

Perlu diketahui, AUTP APBN adalah program asuransi yang dicanangkan oleh pemerintah pusat. Normalnya untuk memanfaatkan program ini, para petani diharuskan membayar iuran sebesar Rp180 ribu, namun disubsidi oleh APBN sebesar Rp144 ribu. Sehingga para petani hanya perlu membayar Rp36 ribu per musim tanam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati