Penambahan Luas Lahan Kedelai di Pati Tahun Ini Belum Capai Target

Pati, Mitrapost.com – Upaya Dinas Pertanian menambah lahan kedelai tahun ini belum capai target. Para petani lebih meminati menanam kacang hijau yang harganya 50 persen lebih tinggi.

Hal ini diungkapkan oleh Kabid Tanaman Pangan dan Holtikutura Dinas Pertanian (Dispertan) Pati Kun Saptono.Penyaluran bantuan bibit gratis untuk 850 hektare lahan kedelai di Pati juga tak membuat luasan lahan kedelai meningkat.

“Target kedelai tidak bisa terpenuhi, tidak bisa meningkat jumlahnya karena persaingan dengan kacang hijau. Tahun lalu misalnya kacang hijau harganya Rp13-14 ribu sedangkan kedelai Rp6.000 sampai Rp7.500 sudah bagus,” kata Kun saat ditemui di kantornya kemarin.

Ia juga menerangkan jika satu hektare lahan kacang hijau bisa memproduksi sama banyaknya dengan satu hektare lahan kedelai. Fakta ini jelas menyurutkan petani untuk menanam kedelai jika harga di pasaran masih rendah.

Baca Juga :   Polsek Sukolilo Razia Ogoh-Ogoh yang Akan Digunakan Takbir Keliling

Pada musim panen kedelai tahun ini ia berharap harga kedelai bisa naik setidaknya di harga Rp8 ribu dari petani. Mengingat di tingkat pasar tradisional harga kacang kedelai sudah  Rp10-11 ribu per kilogram.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati