oleh

Cakupan Vaksinasi Jadi Syarat Perubahan Level PPKM

Jakarta, Mitrapost.com – Cakupan vaksinasi Covid-19 menjadi syarat perubahan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di berbagai daerah. Hal ini memicu motivasi bagi setiap daerah untuk melakukan percepatan program vaksinasi.

Berdasarkan Instruksi Mendagri No. 42 Tahun 2021, indikator vaksinasi untuk penetapan level kabupaten/kota meliputi 2 (dua) aspek yaitu yang pertama capaian vaksinasi pada populasi umum maupun warga lanjut usia (lansia).

Bpkad Pati

Kedua target ini berdiri bersamaan tidak terpisah, sehingga jika tidak bisa dicapai keduanya, maka level daerah harus naik.

Pemerintah berharap penambahan indikator ini menjadi pemicu motivasi daerah melakukan percepatan vaksinasi setiap daerah.

Hal ini bukan hanya kunci pelonggaran kegiatan, tetapi juga keselamatan dan kesehatan masyarakat,” ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan di Graha BNPB, Selasa (14/9/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga :   Kaum Disabilitas Minta Jadi Prioritas Vaksinasi, Dewan Pati: Kita Koordinasikan

Selain itu, Badan POM telah memberikan Emergency Use of Authorization kepada 3 vaksin COVID-19 yang menggunakan platform non replicating viral factor.

Ketiganya, ialah Vaksin Sputnik V, vaksin Johnson dan vaksin Confidencia. Ketiga jenis vaksin ini diperuntukkan masyarakat 18 tahun ke atas.

“Sedangkan dosis vaksin Sputnik V akan disuntikkan 2 kali dengan interval 3 minggu atau 21 hari. Sedangkan vaksin Johnson atau vaksin Confidencia akan disuntikkan masing-masing 1 kali saja,” jelasnya. (*)

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait