oleh

DPMPTSP Selenggaraka LKPM kepada 50 Pelaku Usaha Sekabupaten Pati

Pati, Mitrapost.com–  Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kab Pati (DPMPTSP) selenggarakan bimtek penyampaian Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) kepada 50 pelaku usaha sekabupaten Pati.

“Ini merupakan bentuk keseriusan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  Kabuaten Pati untuk memberikan layanan penyampaian LKPM sebagaimana diamanatkan dalam Perkab BKPM No. 5 Tahun 2021,” kata kepala DPMPTSP Kabupaten Pati Riyoso melalui Kabid Informasi dan Pengawasan, Mimpi Arde Aria kepada Mitrapost.com, pada Jumat (24/9/21).

Bpkad Pati

Kabid Informasi dan pengawasan tersebut menerangkan setelah memperoleh  perizinan berusaha untuk usahanya, para pelaku UMKM juga mempunyai kewajiban  menyampaikan LKPM nya kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Hal tersebut akan otomatis terdaftar jika pelaku UMKM mendaftar pada sistem OSS.

Baca Juga :   Pembangunan Stadion Joyokusumo Pati Dilanjutkan, Anggaran Rp15 Miliar

Pelatihan ini dilakukan agar para pelaku usaha memahami langkah dan format yang tepat dalam melaporkan LKPM nya, Dengan format laporan yang ideal, perusahaan terkait dapat berkomunikasi dan  menyampaikan permasalahan kegiatan usaha yang sedang dihadapi kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

laporan LKPM sendiri juga sebagai alat kendali memantau eksistensi perusahaan untuk mengetahui progres dan kemajuan atas realisasi investasi yang dilakukan.

Untuk mempermudah penyampaian LKPM, dalam pelatihan tersebut para pelaku usaha juga diajari melaporkan LKPMnya secara online melalui aplikasi yang dapat diunduh dari gawai masing-masing.

Hal tersebut mengacu pada Undang-undang No. 11 Tahun 2021 tentang Cipta Kerja dimana pemerintah mencoba memberi kemudahan dari sektor-sektor bidang usaha dan pelaku usaha untuk mendapatkan perizinan berusaha baik melalui penyederhanaan prosedur, Online Single Submission Based Approach (OSS-RBA) dan LKPM Online.

Baca Juga :   Peduli Keberlangsungan UMKM, Lazismu Pati Salurkan Bantuan Modal Usaha

“Transisi pelaksanaan regulasi ini mendorong pemerintah daerah Kabupaten Pati melaui DPMPTSP Pati untuk segera menyesuaikan dengan cepat pelayanan perizinan berusaha dan mensosialisasikan kepada pelaku usaha,” tandas Mimpi. (*)

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait