Tips Sukses Interview Online di Masa Pandemi

Mitrapost.com – Biasanya interview tidak langsung atau online sering dilakukan oleh perusahaan. Ada dua jenis interview online yaitu interview via telepon dan online yang biasa dilakukan dengan video call. Sebelum melakukan interview, pelamar membutuhkan persiapan yang baik.

Untuk interview secara online sedikit lebih rumit dengan banyak berbagai persiapan. Pasalnya interview secara online dengan video call layaknya interview secara langsung atau face-to-face dengan interviewer.

Melalui video call, interviewer akan mewawancarai seakan berhadapan secara langsung. Dia bisa menyaksikan sikap dan perilaku layaknya wawancara tatap muka dalam satu ruangan.

Persiapkan diri kamu dengan baik ketika akan melakukan interview online dengan melakukan beberapa tips berikut ini :

  1. Pastikan Koneksi Internet Lancar
Baca Juga :   Mempunyai Kandungan Kaya Nutrisi, Beragam Manfaat Tauge Bagi Kesehatan

Sebelum memulai interview, pastikan koneksi internet stabil dan lancar. Gangguan yang terjadi pada koneksi internet menghambat kelancaran proses berlangsungnya interview. Carilah tempat yang menyediakan koneksi internet lancar. Atau bisa dengan memasang wifi di rumah sendiri supaya koneksi internet tidak terhambat ketika melakukan wawancara dengan interviewer.

  1. Mengenakan Pakaian Formal

Untuk bisa menunjukkan keseriusan dan sikap professional, kita perlu memperhatikan cara berpakaian. Hindari cara berpakaian santai, apalagi jika yang mewawancarai kamu berpakaian dengan formal. Tetaplah mengenakan pakaian formal layaknya akan melakukan interview kerja secara langsung.

  1. Berpenampilan Rapi

Penampilan bisa dikatakan sebagai cerminan diri. Selain itu, jangan mengira interviewer tidak bisa melihat dengan jelas seberapa rapi penampilan walau hanya lewat video. Ingat penampilan kita bisa mempengaruhi penilaian orang lain kepada kita.

  1. Ketika Menjawab Pertanyaan Selalu Melihat Kamera
Baca Juga :   Tips Sehat Menghidangkan Oatmeal

Jangan mengalihkan pandangan dari kamera ketika menjawab pertanyaan interview. Karena dengan melihat kamera seolah-olah kita melihat wajah orang yang mewawancarai. Selain itu dengan menggeser pandangan dari layar monitor bisa mengurangi rasa gugup karena tidak melihat si pihak yang mewawancarai. Sehingga bisa lebih fokus dan lancar dalam menjawab pertanyaan.

  1. Siapkan Tempat yang Mendukung

Tempat yang tidak terlalu ramai dengan suasana yang terkesan rapi merupakan tempat yang ideal untuk melakukan interview kerja online. Coffee shop atau perpustakaan merupakan tempat yang cocok untuk interview keja online.