Langkah Tingkatkan Kualitas Produksi Garam Petani

Surabaya, Mitrapost.com – Sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas produksi garam petani di kota Surabaya, terdapat beberapa langkah yang akan diterapkan dengan menggandeng Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPP).

Beberapa kelompok petani garam di Surabaya yang masih eksis menggarap tambak, berada di pesisir pantai Kampung Greges, Kelurahan Tambak Sarioso, Kecamatan Asemrowo, Kota Surabaya.

Sejak puluhan tahun yang lalu, mereka menggarap lahan tambak garam dengan luasan total sekitar 20 hektar. Setidaknya, ada enam sampai tujuh warga Asemrowo Surabaya yang menggarap lahan tersebut dan terbagi ke dalam beberapa petak.

“Alhamdulillah, di Kecamatan Asemrowo masih ada petani tambak garam, sekitar 20 hektar kawasan di sini. Setiap 1 tahun, mereka bisa panen sampai 10 ton (per petak) dan panen ini dilaksanakan secara periodik antara lima sampai tujuh hari sekali,” kata Camat Asemrowo Surabaya, Bambang Udi Ukoro saat melihat langsung proses pengolahan garam di Tambak Sarioso, Rabu (6/10/2021).