oleh

Permainan Beberan, Kembangkan Pola Asuh di Masa Pandemi

Pekalongan, Mitrapost.com – Masa pandemi Sebagian besar anak akan menghabiskan waktunya di dalam rumah. Oleh karena itu, penting adanya pola asuh yang benar sehingga membuat anak semakin nyaman dan berada di rumah.

Upaya ini pula yang tengah dilakukan oleh Tim Penggerak PKK Kota Pekalongan melalui Pokja I bersinergi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Anak (DPMPPA) dan Dinas Kesehatan, dikemas dalam kegiatan lomba beberan dengan tema “Pola Asuh Anak di Masa Pandemi”, bertempat di aula TP PKK setempat, Kamis (14/10/2021).

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah melalui permainan beberan. Dengan begitu akan lebih bisa meningkatkan perkembangan fisik, emosional, hingga sosial anak.

Baca Juga :   Dinas Pendidikan Pekalongan Laksanakan PAT dengan Dua Skema

“Kami melibatkan 8 tim kader PKK kelurahan dari empat kecamatan. Dalam hal ini TP PKK turut berperan mewujudkan pola asuh anak di masa pandemi, salah satunya melalui permainan beberan. Sehingga, bisa meningkatkan perkembangan fisik, emosional, finansial, intelektual dan sosial anak sejak bayi hingga dewasa,” ungkap Ketua I TP PKK, Istiqomah sekaligus sebagai juri dalam kegiatan.

Istiqomah mengatakan bahwa permainan beberan ini dipilih karena permainan ini mirip dengan permainan monopoli, dimana bisa melatih rasa tanggungjawab sesuai dengan perannya masing-masing, serta dapat memperbaiki hubungan antara orangtua dan anak sehingga tumbuh komunikasi efektif. Permainan ini juga dapat dimainkan oleh sekitar 10 orang atau lebih.

Lanjutnya, permainan dilakukan menggunakan dadu. Jika dadu dilempar kemudian jatuh pada sebuah gambar, maka orang disebelahnya harus menstimulasikan dan menjelaskan gambar yang dimaksud. Misalnya terkait protokol kesehatan.

Baca Juga :   Peluncuran Podcast Sebagai Sarana Interaksi dengan Warga

“Permainan ini dinilai efektif dalam mensosialisasikan pola asuh anak kepada orang tua maupun anak yang dilakukan secara menyenangkan melalui permainan. Seperti memberi tahu terkait protokol kesehatan,” imbuhnya.

Ia berharap, kegiatan ini bisa meningkatkan pengetahuan seluruh anggota PKK dan keluarga serta dapat diimplementasikan bagaimana cara mendidik anak dengan pola asuh yang benar selama pandemi. (*)

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait