oleh

Dongkrak Penjualan Produk UMKM, Pemkot Surakarta Gelar Ekraf Mart 2021

Surakarta, Mitrapost.com – Sebagai Langkah untuk mendongkrak produk UMKM, pemerintah kota Surakarta menggelar “Ekraf Mart 2021”.

Gelaran tersebut menjadi ajang pameran, penjualan produk, dan kegiatan bincang kreatif kota Solo business marketing dan creative art performance selama 4 hari (15-18/10/2021) di Lantai 2 Paragon Mall Surakarta.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa didampingi Ketua Kadin Surakarta Gareng S Haryanto, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM serta perwakilan BUMN membuka kegiatan yang ditandai dengan penancapan gunungan wayang pada tempat yang disediakan.

Teguh mengatakan, kegiatan BUMN-UMKM Great Sale merupakan upaya yang patut diapresiasi. Hal ini dikarenakan, walaupun di masa Pandemi Covid 19, namun ada semangat untuk memperbaiki kondisi ekonomi dengan membangkitkan ekonomi lewat pameran produk UMKM di tengah berlangsungnya Solo Great Sale 2021.

Baca Juga :   Pekan Depan, Akan Dimulai Uji Coba Sektor Nonesensial di Setda Jateng

“UKM merupakan kelompok ekonomi terbesar dalam perekonomian Indonesia khususnya di Kota Solo dan menjadi sarana pemulihan ekonomi di masa Pandemi Covid 19. Oleh karena itu, penting bagi semua pihak untuk selalu mengutamakan dan memberdayakan UKM,” terang Teguh.

Teguh menyatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik jumlah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia pada 2020 sebanyak 4,05 juta orang. Khusus di Kota Solo terdapat sekitar 43.700 pelaku UMKM.

Ia mengungkapkan, sebagai Langkah meningkatkan kemampuan pelaku UMKM, pemkot telah memfasilitasi pelaku UMKM melalui beberapa program. Diantaranya adalah bimbingan teknis manajemen sumber daya manusia, bimbingan teknis pelaku usaha, temu usaha UMKM dengan ritel modern dan marketplace, serta mengikutsertakan UMKM dalam berbagai pameran.

Baca Juga :   Video : Produk UMKM Menembus Toko Modern, Hafidz: Pembinaan Ada Hasil

Wawali menambahkan, Ekraf Mart sebagai BUMN-UMKM Great Sale 2021 sektor ekonomi kreatif merupakan bagian dari rangkaian Solo Great Sale 2021 yang digelar pada 1—31 Oktober 2021. Acara yang telah memasuki tahun keenam (2020 ditiadakan karena pandemi) ini menargetkan transaksi melebihi Rp800 miliar. Acara tahunan ini bertujuan untuk mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid 19, menjaga stabilitas peredaran uang di Solo, menambah daya tarik Kota Solo bagi wisatawan, serta untuk promosi akses pasar yang ekstensif bagi pelaku UMKM.

Gareng selaku Ketua Kadin Surakarta menyatakan, dalam koridor Solo Great Sale 2021 memanfaatkan ekonomi digital “Solo Melompat Lebih Jauh”. kegiatan pameran UMKM binaan BUMN merupakan upaya untuk membangkitkan ekonomi Kota Surakarta dan sekitarnya.

Baca Juga :   Gerakan Jo Kawin Bocah, Ganjar Gandeng Komunitas Anak

“Pameran dan penjualan produk UMKM ini semuanya harus masuk dalam omzet Solo great sale supaya target Solo Great Sale tercapai. Hasil penjualan bisa diinput dalam Solo Great Sale sebagai pendorong ekonomi Kota Solo. Diharapkan semua kegiatan berjalan dengan baik,” ucap Gareng.

BUMN-UMKM Great Sale merupakan kegiatan tahunan yang diikuti perwakilan UMKM nasional binaan BUMN yang diselenggarakan di Kota Surakarta. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait