oleh

Upaya Pelestarian Kebudayaan, Dispuspa Gelar Pelatihan Menulis Cerita Legenda Rakyat

Magelang, Mitrapost.com – Sebagai upaya untuk melestarikan kebudayaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Magelang menggelar pelatihan Menulis Cerita Legenda Rakyat Kabupaten Magelang.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 21 orang guru SD/ MI, SMP/ MTs pada jajaran Disdikbud dan Kemenag Kabupaten Magelang. Acara berlangsung selama dua hari, yaitu pada 18 dan 19 Oktober 2021 di Dispuspa Kabupaten Magelang.

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bela Pinarsi mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu semangat program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dalam pelestarian dan pemajuan kebudayaan.

Adapun tujuan utama dari pelatihan penulisan ini, terdiri dari empat hal. Pertama, menumbuhkembangkan potensi literasi bagi peserta khususnya dalam menulis cerita budaya. Kedua, melestarikan dan memajukan nilai-nilai adiluhung budaya Kabupaten Magelang.

Baca Juga :   30 Ribu Paket Sembako PPKM Darurat Diberikan Kepada Warga Solo

Ketiga, menggali kekayaan dan kekhasan potensi budaya baik yang sudah berkembang maupun yang masih tersimpan. Keempat, mewariskan nilai-nilai luhur budaya Kabupaten Magelang kepada generasi penerus bangsa.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan dapat memberikan timbalbalik kepada para peserta, salah satunya dengan mengembangkan potensi yang ada pada diri.

“Dari kegiatan pelatihan ini juga diharapkan terdapat impact dari peserta dapat berkarya mengembangkan potensi diri untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih dan kesejahteraan. Dan juga tidak kalah penting menularkan ilmu menjadi virus kebaikan di lingkungan pendidikan,” kata Bela. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait