Dintanpan Rembang Mengadakan Pasar Tani

Rembang, Mitrapost.com – Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang menyelenggarakan Pasar Tani.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dintanpan Kabupaten Rembang Agus Iwan Haswanto, kegiatan ini berangkat dari kondisi komoditas pertanian yang harganya tidak wajar di pasar. Pasar Tani diselenggarakan pada hari ini, Jum’at (22/10/2021).

“Kegiatan ini diinisiasi lantaran kemarin kita menjumpai beberapa komoditas pertanian yang harganya tidak wajar di pasar, tidak bisa menutup biaya produksi,” katanya kepada Mitrapost.com saat ditemui di kantornya.

Agus menyampaikan bahwa pihaknya melakukan Bakti Sosial (Baksos) kepada para petani. Ia mengaku, jika pihaknya memfasilitasi keterbatasan kemampuan keuangan personal para petani. Sementara dalam acara tersebut, pihaknya hanya menyediakan lapak untuk jual beli dengan konsumen.

Baca Juga :   19 Nama Rebutkan Kursi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemkab Rembang

“Kami hanya menyediakan lapak agar petani bisa membawa produknya langsung mendekati konsumen. Sehingga harapannya harga bisa relatif mendekati biaya produksi, syukur-syukur bisa di atas biaya produksi, ” sambungnya.

Menurutnya, kegiatan ini penting agar petani di Kabupaten Rembang tetap bisa terus melakukan aktivitas budidaya pertanian. Keberadaan Pasar Tani ini bisa mengapresiasi harga yang wajar bagi petani.

Kegiatan Pasar Tani diikuti oleh sembilan kecamatan yaitu Kecamatan Lasem, Sluke, Sulang, Kragan, Rembang, Sedan, Sumber, Bulu, Gunem, dan Pancur.

“Kegiatan ini diikuti oleh sembilan kecamatan, yang semula kami hanya mengundang empat kecamatan. Tapi karena antusiasme tinggi, kita berikan kesempatan sampai sembilan saja. Sebab tempatnya terbatas,” ujarnya.

Baca Juga :   Pemuda Bitingan Belajar Lingkungan Melalui Film Kinipan 

Lebih lanjut, kegiatan tersebut diikuti beberapa pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Rembang dan pelaku Agribisnis untuk membawa produknya langsung ke Pasar Tani. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati