oleh

Peringati HSN 2021, Diharapkan Santri Jadi Generasi Pembangun Bangsa

Cilacap, Mitrapost.com – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2021, diharapkan agar para santri bisa menjadi generasi pembangun bangsa Indonesia.

HSN 2021 di kabupaten Cilacap diperingati dengan upacara yang berlangsung di Kantor Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Cilacap di Jalan Raya Kalisabuk, Kecamatan Kesugihan, Jumat (22/10/2021).

Pbb - Mitrapost.com

Banner Bphtb - Mitrapost.com

Upacara dipipimpin oleh Ketua PCNU Cilacap H. Nasrullah Muchson, serta dihadiri Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman bersama beberapa undangan.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU), Prof. Dr. KH. Said Aqiel Siradj yang dibacakan oleh pemimpin upacara menyebutkan bahwa perjuangan para santri ini telah tercatat dalam sejarah Indonesia, sejak zaman perjuangan dalam melawan penjajah, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, serta mempertahankan keutuhan NKRI.

Baca Juga :   Ribuan Ikan Menepi di Pantai Teluk Penyu, Petugas Sebut Bukan Pertanda Bencana

“Resolusi Jihad Fisabilillah dengan jelas memuat nasionalisme Indonesia yang berbasis Ahlussunnah Wal Jamaah yaitu kewajiban mempertahankan kemerdekaan RI sebagai satu satunya pemerintah yang sah,” kata Nasrullah.

Adapun latar belakang dari penetapan hari Santri ini, erat kaitannya dengan perjuangan melawan para penjajah pada Oktober 1945. Pendiri NU KH. Hasyim Asyari mengeluarkan fatwa yang kemudian dikenal dengan Resolusi Jihad.

Resolusi tersebut tegas bagi setiap muslim wajib hukumnya mengusir penjajah. Selanjutnya melalui Keppres Nomor 22 Tahun 2015, Presiden Joko Widodo menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman berharap, santri bisa menjadi garda terdepan dalam pembangunan nasional. Amanat tersebut juga terkandung dalam Resolusi Jihad. Sehingga diharapkan untuk senantiasa memberikan semangat dan juga inspirasi di tengah pandemi, untuk membangun bangsa menjadi lebih baik lagi, tidak hanya di kancah nasional, namun juga dapat mengharumkan nama Indonesia hingga kancah internasional.

Baca Juga :   Coba-coba Tanam Ganja, Dua Pemuda Dibekuk Polisi

“Harapannya santri bisa generasi penerus bangsa ini. Menjadi tokoh lokal, nasional, bahkan internasional untuk membanggakan bangsa Indonesia kedepan,” tandas Wabup. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Diskominfo Pati Gelar Pertunjukan Ketoprak Virtual Dalam Upaya Tekan Peredaran Rokok Ilegal

Komentar

Berita Terkait