Dintanpan Rembang Dorong Kolaborasi Antara Penyuluh dan Pemuda

Rembang, Mitrapost.com – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto mengungkapkan, pemuda zaman sekarang tidak begitu konsen terhadap dunia pertanian. Padahal perlu adanya proses regenerasi pertanian.

Menurut Agus, dengan bertambahnya usia petani umumnya akan menurun produktivitas dalam budidaya pertanian.

“Saat ini kita mendorong untuk penyuluh kita yang ada di kecamatan untuk berkolaborasi dengan pendidikan formal SMP dan SMA demi mengenalkan pertanian,” ungkapnya, Senin (18/10/2021).

Kemudian pihaknya menargetkan satu kecamatan satu Memorandum of Understanding (MoU) dengan sekolah yang ada disana.

“Untuk membuat program bersama mengenalkan pertanian. Nanti seperti apa, disepakati antara guru dengan penyuluh kita,” jelasnya.

Baca Juga :   Kembangkan UMKM Batik Tulis Lasem, Dinperindagkop UKM Lakukan Pembinaan

Dia berharap, dengan diketahui sejak dini terkait pertanian, minimal ada daya tarik pemuda. Setelah itu, masing-masing pemuda akan memilih.

Di Kabupaten Rembang sudah ada pemuda yang jadi petani, tapi lebih banyak di sektor peternakan seperti ternak domba dan kambing.

“Kalau yang budidaya lebih ke buah-buahan seperti anggur. Buah-buahan sudah diminati oleh anak-anak muda kita,” pungkasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati