Pesisir Utara Pekalongan Dijadikan Sebagai Lokasi Konservasi Mangrove

Pekalongan, Mitrapost.com – Pesisir Utara kota Pekalongan dijadikan sebagai lokasi konservasi mangrove. Tepatnya di sebelah barat Pusat Informasi Mangrove (PIM) dan Krematorium, RT 04 RW 07,Kelurahan Kandang Panjang, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

Penunjukkan wilayah tersebut sebagai lokasi konservasi mangrove oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bekerjasama dengan Australian accredited non-government organisations (NGOs Australia).

Survey lapangan yang adakan digunakan sebagai calon tempat konservasi mangrove pun dilakukan oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kandang Panjang khususnya bidang Penataan Lingkungan Kandang Panjang Asri bersama perangkat kelurahan dan mahasiswa KKN UNNES Semarang pada (26/10/2021).

Lurah Kandang Panjang, Amat Fauzan menjelaskan bahwa, kegiatan survey lapangan yang dilakukan ini adalah sebagai salah satu upaya mendukung dipilihnya lokasi pesisir utara yang berlokasikan di Kelurahan Panjang menjadi alternatif tempat konservasi mangrove. Hal ini juga sejalan dengan rencana Pemerintah Kota Pekalongan, lokasi tempat mangrove ini sebagai rangkaian dari Taman Wisata Air Pekalongan yang tengah digarap.