Tingkatkan Produktivitas, Poktan di Temanggung Ciptakan Alat Tanam Padi Murah dan Efisien

Temanggung, Mitrapost.com – Sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas tanaman padi, kelompok tani di Temanggung menciptakan alat tanam padi yang murah dan efisien.

Alat tanam padi tersebut diberi nama Blak 58 dan diciptakan oleh kelompok tani Mapan di kecamatan Parakan, kabupaten Temanggung.

“Alat tanam padi itu kami beri nama Blak 58, karena diciptakan oleh (Kelompok Tani) Mapan,” kata ketua Kelompok Tani Mapan H Madnur, Kamis (4/11/2021).

Madnur mengatakan, Blak 58 merupakan alat yang sangat sederhana, namun hasilnya sangat memuaskan. Sebab, tanaman padi menjadi tertata rapi dan pertumbuhan padi juga lebih baik dibandingkan dengan tanaman padi yang ditanam tanpa mengunakan alat ini.

“Alatnya sangat sederhana, terbuat dari bahan alumunium yang tahan korosi, ringan dan mudah digunakan hanya dengan satu orang saja,” jelasnya.

Baca Juga :   33.475 Siswa di Temanggung Terima Bantuan PIP

Ia menjelaskan, alat berbentuk persegi panjang tersebut memiliki titik-titik tanam padi, antara satu titik dengan titik lainnya berjarak 24 sentimeter persegi. Dengan ukuran yang kecil, alat ini bisa digunakan di semua bentuk lahan pertanian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati