Program Transmigrasi Pemprov Jateng Akan Kembali Bergulir

Semarang, Mitrapost.com – Program transmigrasi pemerintah provinsi Jawa Tengah akan Kembali bergulir pada akhir 2021, setelah sempat tertunda karena pandemic Covid-19.

Berdasarkan rencananya, terdapat 10 kepala keluarga (KK) yang akan diberangkatkan menuju Kalimantan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jateng Sakina Rosellasari membeberkan, animo warga Jawa Tengah bertransmigrasi tinggi. Berdasarkan data 2002-2019, ada 9150 KK yang telah berangkat ke luar pulau.

“Sampai saat ini, yang mendaftar sudah 1263 KK dari seluruh Jateng. Tahun 2020 kemarin karena ada Covid-19 tidak ada pemberangkatan. Tahun 2021 ini dengan animo yang cukup tinggi, kita hanya mendapat jatah 10 KK,” urainya, saat dikonfirmasi Kamis (4/11/2021).

Baca Juga :   Pemkot Masih Menunggu Adanya Stok Vaksin Ibu Hamil

Sakina menyebut, sebanyak 10 KK akan diberangkatkan ke Pulau Borneo pada Desember 2021. Sebelum diberangkatkan, saat ini para calon KK menjalani pelatihan di Yogyakarta. Bukan cuma bertani padi atau tanaman kebun, calon transmigran juga diberikan pelatihan untuk beternak. Sedangkan, untuk pendamping atau istri transmigran diberikan pelatihan pengolahan makanan, seperti pembuatan burger atau keripik. Sehingga, memberi keterampilan tambahan untuk menambah penghasilan keluarga selama di daerah transmigrasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati