oleh

Jepara Peroleh Investasi Rp 4,5 Trilliun, DPRD Jateng Harapkan Mampu Menyerap Tenaga Kerja

Jepara, Mitrapost.com – Berdasarkan data Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Jepara, Kota Ukir memperoleh dana investasi sebesar Rp 4,5 triliun.

Dari adanya dana tersebut, Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, Muhammad Soleh berharap agar banyak tenaga kerja baru yang bisa terserap, terutama bagi warga asal Jepara.

Hal tersebut disampaikannya dalam rangka menindaklanjuti rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait dengan sinkronisasi rencana penanaman modal di kabupaten/ kota dan provinsi.

“Dengan adanya investasi Rp 4,5 triliun dari PMA plus PMDN, harapannya akan lebih banyak tenaga kerja baru di Kabupaten Jepara. Sehingga, akan meningkatkan perekonomian Kabupaten Jepara itu sendiri,” imbuh Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Provinsi Jateng itu.

Baca Juga :   Seluruh Objek Wisata di Jepara Kembali Ditutup

“Realisasi investasi penanaman modal tersebut juga berkaitan dengan UMKM. Sehingga, laporan kinerja penanaman modal itu, baik PMA maupun PMDN, diharapkan segera dilaporkan kepada Pemprov Jateng,” ujarnya.

Di tempat lain, Kepala DPMPTSP Kabupaten Jepara, Hery Yuliyanto menyampaikan pihaknya ditarget dapat menyerap tenaga kerja sebesar 15.000 pada tahun ini. Hal itu didasarkan pada RPJMD Kabupaten Jepara dengan nilai Rp 1,06 triliun.

Hingga triwulan ketiga untuk penanaman modal asing (PMA) di 9 sektor usaha yang menyerap 14.000 tenaga kerja sudah mencapai angka Rp 4,5 triliun. Kemudian, penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp 129 miliar untuk 20 sektor usaha dengan menyerap 2.000 tenaga kerja.

Baca Juga :   Koramil 05/Mayong Siap Kawal Contact Tracking Kasus Covid-19

“Investasi dengan nilai Rp 4,1 triliun ada di sektor listrik, gas, dan air. Selebihnya dari Industri alas kaki dan tekstil,” jelasnya, Selasa (23/11/2021).

Untuk pelayanan investasi, Kantor DPMPTSP sudah terintegrasi dengan Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP). Terdapat 200 layanan di MPP, secara khusus DPMPTSP melayani 42 jenis pelayanan yang ada di sistem aplikasi Online Single Submission (OSS).

“Sampai triwulan ini, dari 42 layanan, kami sudah memberikan pelayanan sebanyak 1.025. Untuk penilaian SKM (Survey Kepuasan Masyarakat), kami di angka 87,04 yang kategorinya sangat baik,” tandasnya. (*)

Komentar

Berita Terkait