oleh

Bangun Kemitraan dengan Pelaku Wisata Borobudur, Diharap Mampu Tingkatkan Ekonomi

Magelang, Mitrapost.com – Membangun kemitraan dengan pelaku wisata Borobudur diharap mampu meningkatkan perekonomian warga.

Hal tersebut karena Borobudur termasuk dalam Kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN). Sehingga, melalui jaringan kemitraan, diharapkan mampu meningkatkan kegiatan ekonomi, sehingga bisa menciptakan lapangan kerja.

“Dampak positifnya, adalah peningkatan pendapatan daerah yang berujung akan menarik investor agar berinvestasi di Kabupaten Magelang,” demikian disampaikan Kabid Pengendalian, Data dan Pengaduan, L. Endang Ariyantini saat membacakan sambutan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Magelang dalam Sosialisasi Kemitraan Usaha Tingkat Kabupaten Magelang Tahun 2021, di Grand Artos Hotel Magelang, Selasa (23/11).

Menurutnya, permasalahan yang dirasakan saat ini, adalah terbatasnya koordinasi dan kerja sama antar pihak, sehingga perlu melibatkan berbagai pihak untuk menjadikan mitra. Kemitraan diperlukan karena adanya tuntutan masyarakat akan kualitas layanan.

Baca Juga :   Setelah Vakum Beberapa Tahun, Rock in Solo Akan Kembali Digelar

Maka kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah strategis dari pemerintah, dalam mendukung penuh pengembangan UMKM dalam mendorong sektor ekonomi masyarakat.

“Untuk itu, DPMPTSP Kabupaten Magelang hadir memberikan kemudahan bagi pelaku usaha yang menjalankan usahanya di Kabupaten Magelang,” lanjutnya.

Sosialisasi ini dilengkapi dengan materi penyelenggaraan perizinan mandiri melalui aplikasi perizinan berbasis risiko (OSS RBA) secara online, yang sudah dilaunching oleh Presiden Republik Indonesia pada 9 Agustus 2021.

“Kegiatan ini sebagai upaya pengembangan UMKM agar dapat berkembang lebih kompetitif bersama pelaku ekonomi lainnya meski di tengah pandemi Covid-19,” harapnya.

Bahkan Pemerintah Kabupaten Magelang, meningkatkan perannya dalam memberdayakan UMKM, dengan mengembangkan kemitraan usaha yang saling menguntungkan antara pengusaha besar dan kecil. Pola kemitraan secara umum, dapat diartikan sebagai bentuk kerja sama yang saling menguntungkan antara dua pihak atau lebih untuk mencapai tujuan bersama.

Baca Juga :   Pemkot Magelang Buka Rumah Sakit Darurat Covid-19

Sosialisasi Kemitraan Usaha mengangkat tema Kemitraan Bidang Kepariwisataan, menghadirkan narasumber dari praktisi pariwisata, yakni Ketua Pesona Magelang, Kirno Prasojo, Kabid UMKM pada Disdagkop UKM, serta Analis Perizinan dari DPMPTSP Kabupaten Magelang.

Kirno mengungkapkan, terdapat 3 kunci keberhasilan usaha, diantaranya adalah kepuasan konsumen, penjualan meningkat, dan menguntungkan serta berkelanjutan. (*)

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Komentar

Berita Terkait