oleh

Legenda Pemuda Pancasila

Mitrapost.com– Berita Pemuda Pancasila tengah mewarnai jagad digital. Hal ini berawal dari adanya insiden pengeroyokan anggota Polri saat demo Pemuda Pancasila.

Banyak yang bertanya, Apa itu Pemuda Pancasila? Siapa mereka? Berikut akan dijelaskan berkenaan dengan legenda Pemuda Pancasila.

Sejarah Pemuda Pancasila: Didirikan oleh pentolan militer

Mengutip halaman Tubuh Pelaksana Kaderisasi Pemuda Pancasila, organisasi Pemuda Pancasila dideklarasikan pada 28 Oktober 1959.

Pembuatan organisasi Pemuda Pancasila diprakarsai oleh penggawa partai politik Jalinan Pendukung Kemerdekaan Indonesia( IPKI).

Buat dikenal, IPKI ialah partai politik yang didirikan oleh pentolan militer Indonesia pada masa Orde Lama ataupun pada dikala masa kepemimpinan Presiden Soekarno.

Mengutip halaman Bibliotek Nasional Republik Indonesia, partai politik IPKI ialah kelanjutan IPKI yang dibangun semenjak 20 Mei 1954.

Baca Juga :   Dua Bus TransJakarta Alami Tabrakan Beruntun

Para tokoh pemrakarsa IPKI di antara lain merupakan Kolonel Abdul Haris Nasution, Kolonel Gatot Subroto, Kolonel Aziz Saleh, serta yang lain.

IPKI ialah partai politik yang didirikan dengan tujuan selaku lawan ideologis dari Partai Komunis Indonesia( PKI).

Kala PKI mendirikan organisasi Pemuda Rakyat, IPKI meresponsnya dengan mendirikan organisasi Pemuda Pancasila pada 28 Oktober l959

Gesekan antara Pemuda Pancasila serta PKI jadi perihal yang tidak dapat dihindari.

Apalagi, Pemuda Pancasila bersama Angkatan Bersenjata Republik Indonesia( ABRI) ikut serta dalam pembersihan PKI serta segala anasir komunis di Indonesia dikala gejolak tahun 1965 yang jadi cikal bakal kelahiran Orde Baru yang dipandu Presiden Soeharto.

Baca Juga :   Foto : Peninggalan Sejarah yang Dilestarikan

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Komentar

Berita Terkait