oleh

PWI Pati Adakan Orientasi Kewartawanan

Pati, Mitrapost.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pati mengadakan kegiatan Orientasi Kewartawanan dan Pelantikan Pengurus PWI Pati masa bakti 2021-2024 di Ruang Pragolo Setda Pati, Selasa (30/11/2021).

Kegiatan tersebut dimulai pukul 09.30 WIB dan dihadiri oleh Amir Machmud NS selaku Ketua PWI Jateng, Solikun selaku Wakil Ketua Bidang Pendidikan, dan Setiawan Hendra Kelana selaku Sekretaris.

Dalam sambutannya, Amir Machmud NS menyampaikan bahwa banyak tokoh masyarakat, institusi, dan juga Kepala Daerah yang menghendaki wartawan yang ada di wilayah mereka dan setiap saat bisa bersinggungan dengan mereka, merupakan wartawan-wartawan yang memiliki kompetensi dan juga memiliki kualitas yang terjamin.

“Yang mereka kehendaki itu, mereka bisa berhubungan dengan wartawan-wartawan profesional. Tidak cukup mewarnai kesan yang selama ini tergambar, seolah-olah ending dari semua proses yang dilakukan oleh wartawan itu adalah ada kata-kata delapan anemi itu,” terangnya.

Baca Juga :   PWI Pati Mengikuti Vaksinasi dengan Aman

Ia melanjutkan, profesionalitas wartawan dikatakan Ketika mereka bisa menguasai bidang terkait secara total. Selain itu, wartawan juga memahami bidang tugasnya yang berkaitan dengan komitmen, loyalitas, serta dedikasi yang kemudian digabungankan dengan kemampuan untuk mengekspresikan hati nurani.

“Maka pembekalan-pembekalan awal, ketika kita menerima calon anggota PWI dengan orientasi Kewartawanan, ini sebenarnya adalah kita mencoba membongkar kesadaran. Seperti ini, kalau kita ingin menjadi wartawan yang baik. Seperti ini kalau kita ingin menjadi anggota organisasi profesi yang bertanggung jawab,” ungkapnya.

Kemudian, dengan adanya pemahaman organisasi yang kuat, martabat yang bisa memahkotakan keberadaan wartawan di tengah masyarakat dan para mitra kerja, eksistensi wartawan bisa dihargai dan bisa dipertanggungjawabkan.

Baca Juga :   Banjir Tenggelamkan 5.964 Hektare Sawah, Petani Pati Rugi Rp12 Miliar

“Saya gembira, orientasi Kewartawanan ini akhirnya bisa terselenggara, artinya ada yang meminati ini sebagai awal dari jenjang untuk menuju menjadi anggota PWI,” paparnya. (*)

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Komentar

Berita Terkait