Doa Akhir dan Awal Tahun Disertai Latin serta Artinya

Mitrapost.comDoa akhir tahun masehi 2021 sebetulnya tidak dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW. Namun, ada doa akhir tahun hijriah yang dapat dilafalkan saat akhir tahun yaitu hari ini, Jumat (31/12/2021). kemudian doa awal tahun dapat dilafalkan pada besok, Sabtu (1/1/2022).

Doa akhir tahun ini dapat dibaca setelah salat ashar hingga sebelum memasuki waktu magrib.

Dilansir dari tulisan Ustadz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid dalam buku Kalender Ibadah Sepanjang Tahun, doa akhir tahun ini diharapkan menghindarkan dari seseorang dari tipu daya setan dan diampuni dosa setahun sebelumnya.

Dilansir dari Detik News, berikut adalah doa akhir tahun 2021 dan awal tahun 2022 yang dapat dilafalkan.

Baca Juga :   Tiga Waktu Dikabulkannya Doa Saat Ramadan

1. Doa Akhir Tahun

– Membaca istigfar 11 kali

اَسْتَغْفِرُاللهَ الْعَظِيْمَ

Bacaan latin: Astaghfirullah ‘azhiim

Artinya: “Saya memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung”

– Membaca sholawat nabi 11 kali

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Bacaan latin: Allahumma sholli ‘alaa sayyidinaa muhammad

Artinya: “Ya Allah semoga sholawat tetap kepada junjungan kami, Nabi Muhammad.”

– Membaca ayat kursi 7 kali

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ ۖ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Baca Juga :   Doa Terhindar dari Tipu Daya Lampor dan Sihir

Bacaan latin: allāhu lā ilāha illā huw, al-ḥayyul-qayyụm, lā ta`khużuhụ sinatuw wa lā na`ụm, lahụ mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ, man żallażī yasyfa’u ‘indahū illā bi`iżnih, ya’lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭụna bisyai`im min ‘ilmihī illā bimā syā`, wasi’a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ, wa lā ya`ụduhụ ḥifẓuhumā, wa huwal-‘aliyyul-‘aẓīm

Artinya: “Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha hidup, Yang terus menerus mengurus (makhlukNya), tidak mengantuk dan tidak tidur. MilikNya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisiNya tanpa izinNya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmuNya melainkan apa yang Dia kehendaki. KursiNya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Mahatinggi, Mahabesar.”