4 Mukjizat Nabi Sulaiman, Putra Nabi Daud

  1. Mengumpulkan pasukan dari semua makhluk

Mukjizat selanjutnya Nabi Sulaiman AS adalah mengumpulkan pasukan dari semua makhluk di aula kerajaan. Nabi Sulaiman dalam hal ini memanggil bala tentara yang terdiri dari semua makhluk diantaranya, manusia, jin, hingga burung (hud-hud).

Hal ini dijelaskan dalam Surat An-Naml ayat 17 ;

وَحُشِرَ لِسُلَيْمَٰنَ جُنُودُهُۥ مِنَ ٱلْجِنِّ وَٱلْإِنسِ وَٱلطَّيْرِ فَهُمْ يُوزَعُونَ

Artinya: “Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan).”

4. Menaklukan angin

Mukjizat yang terakhir Nabi Sulaiman yaitu menaklukan angin. Dalam hal ini diartikan, Nabi Sulaiman dapat berbuat apa pun sesuai kehendaknya berkenaan denagn hembusan ke arah mana saja angin tersebut.

Baca Juga :   Doa Nabi Sulaiman ketika Meminta Kekuasaan dan Kekayaan Melimpah

Dikisahkan dari buku Kisah Para Nabi: Sejarah Lengkap Kehidupan Para Nabi sejak Nabi Adam Alaihissalam hingga Nabi Isa Alaihissalam karya Ibnu Katsir, Nabi Sulaiman memiliki permadani yang mampu menampung kebutuhan yang diperlukannya.

Permadani yang dikisahkan itu dapat diangkat oleh angin sesuai dengan arah dan kecepatan yang diperintahkan oleh Nabi Sulaiman. Kisah tersebut dikisahkan dalam Surat Shad ayat 36,

فَسَخَّرْنَا لَهُ الرِّيحَ تَجْرِي بِأَمْرِهِ رُخَاءً حَيْثُ أَصَابَ

Artinya: “Kemudian Kami tundukkan kepadanya angin yang berhembus dengan baik menurut perintahnya ke mana saja yang dikehendakinya.”

Penjelasan mukjizat Nabi Sulaiman AS yang diberikan oleh Allah SWT ini membantu Nabi Sulaiman untuk berdakwah.

Dengan mukjizat tersebut, orang-orang semakin yakin dan mau mengikuti ajaran nabi dan rasul Allah SWT. (*)