Kisah Nabi Adam AS dan Keistimewaannya

Mitrapost.comNabi Adam AS merupakan manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Ia dijadikan khilafah di bumi.

Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Q.S Al Baqarah ayat 30, yang menjelaskan bahwa Nabi Adam dijadikan khilafah dan diajarkan nama benda-benda.

وَاِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلٰۤىِٕكَةِ ِانِّيْ جَاعِلٌ فِى الْاَرْضِ خَلِيْفَةً ۗ قَالُوْٓا اَتَجْعَلُ فِيْهَا مَنْ يُّفْسِدُ فِيْهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاۤءَۚ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۗ قَالَ اِنِّيْٓ اَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُوْنَ

Arab-latin: wa iz qaala rabbuka lil-malaa ikati inni jailun fil-ardi khaliifah, qaaluu a taj’alu fihaa may yufsidu fihaa wa yasfikud-dimaa, wa nahnu nusabbihu bihamdika wa nuqaddisu lak, qaala innii a’kamu maa laa ta’lamun

Baca Juga :   Kisah Nabi Adam Diterima Tobat di Bulan Maharram

Artinya: “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya, Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?” Tuhanmu berfirman: “Sesungguhnya, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”

Dikutip dari Buku yang berjudul “Kisah Para Nabi” karya Ibnu Katsir, hikmah penciptaan Nabi Adam AS.

Allah telah memberitahukan kepada malaikat melalui firman-Nya dalam Q.S Al Baqarah Ayat 30, bahwa “Sesungguhnya, Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”.

Dalam hal ini, Allah menerangkan dalam ayatnya, Allah menciptakan Nabi Adam dan keturunannya sebagian darikan akan menjadi khalifah. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Q.S. Al-An’am ayat 165 yang artinya “Dan Dialah yang menjadikan kamu sebagai khalifah di bumi.”

Baca Juga :   Perdebatan Nenek Moyang Indonesia, Nabi Adam atau Manusia Purba?

Kemudian Allah SWT juga berfirman dalam QS An-Naml ayat 62 “Dan (Dialah) yang menjadikan kalian (manusia) sebagai khalifah di bumi.”

Ayat tersebut menerangkan Allah SWT memberitahukan para malaikat terkait dengan penciptaan Adam dan anak keturunan.

Ketika malaikat menanyakan tentang perkara itu kepada Allah SWT dalam Q.S Al-Baqarah ayat 30 yang artinya “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah?”.

Diceritakan oleh Qatadah bahwa malaikat telah mengetahui kejadian itu, sebagaimana ia menyaksikan jin dan bin sebelum Adam diciptakan.

Abdullah bin Umar bin Khathtab al-‘Adawi berkata, “Seribu tahun sebelum Adam, bangsa jin telah melakukan pertumpahan darah. Selanjutnya, Allah mengutus pasukan malaikat untuk mengusir jin-jin itu ke wilayah pesisir.” Hal tersebut juga dikatakan oleh al-Hasan.