Perayaan Tawur Agung Kesanga Sambut Hari Raya Nyepi Akan Dipusatkan di Candi Prambanan

Semarang, Mitrapost.com – Perayaan Tawur Agung Kesanga menyambut hari raya Nyepi tahun 2022, akan dipusatkan di candi Prambanan.

Agar acara terselenggara dengan baik, gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kepada pihak panitia untuk menyiapkan skenario, sebagai upaya antisipasi di masa pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bidang Keagamaan dan Spiritualitas Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat, Panindita Astono Candra Dana, usai menemui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di rumah dinas Puri Gedeh, Kamis (17/2/2022).

“Gubernur memberikan arahan, kita harus dinamis dan menyesuaikan dengan perkembangan situasi (Covid). Sekarang ini kan Yogyakarta cukup tinggi, sedangkan Jawa Tengah relatif stabil. Kalau perkembangannya lebih bagus atau minimal seperti ini, maka lanjut dengan rencana sekarang. Kalau terjadi kemungkinan terjelek, maka kami akan kurangi jumlah peserta dan melakukan secara hybrid,” kata Astono.

Baca Juga :   Bupati Kebumen Diberi Gelar Kehormatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat

Astono menjelaskan, persiapan untuk acara Tawur Agung Kesanga sudah berjalan. Beberapa rangkaian kegiatan sudah dilakukan, seperti yang terakhir adalah bersih-bersih di lingkungan Candi Sewu, yang juga diikuti oleh umat lintas agama. Nantinya, akan ada acara Melasti atau penyucian diri di Umbul Geneng, Klaten.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati