Revitalisasi Keraton Jadi Pusat Kebudayaan Peroleh Dukungan dari Gubernur Jateng

Surakarta, Mitrapost.com – Revitalisasi keraton menjadi pusat kebudayaan mendapatkan dukungan dari gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dukungan Pura Mangkunegaran sebagai pusat kebudayaan, lantaran keraton memiliki nilai-nilai luhur yang harus dipertahankan dan juga disebarluaskan.

“Saya, dari pemerintah provinsi, tentu siap mendukung agar kemudian keraton menjadi satu pusat kebudayaan, seni, nilai-nilai tinggi, dan kemudian bisa disebarkan untuk kebaikan,” kata Ganjar di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Sabtu (12/3/2022).

Hal tersebut selaras dengan yang disampaikan oleh Gusti Pangeran Hario (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, dalam upacara jumenengan atau penobatan sebagai Kanjeng Gusti Pengeran Adipati Ario (KGPAA) Mangkunagoro X di Pendapa Agung Pura Mangkunegaran.

Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo dinobatkan sebagai Sampeyan Ingkang Jumeneng (SIJ) KGPAA Mangkunagoro X, setelah ayahnya, KGPAA Mangkunagoro IX, mangkat pada 13 Agustus 2021 lalu. Sosok kelahiran 1997 itu dinobatkan sebagai pemimpin Pura Mangkunegaran, pada usia yang terbilang cukup muda.