Dispertan Pati: PMK Tidak Menular Pada Manusia

Pati, Mitrapost.com – Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Andi Hirawadi meminta masyarakat untuk tidak perlu khawatir dengan adanya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Pasalnya, penyakit ini tidak dapat menular atau menginfeksi ke manusia.

Menurutnya, virus ini hanya menyerang hewan berkuku belah seperti sapi, kerbau, kambing, domba dan babi. Tingkat penularan pada hewan sangat tinggi, mencapai 90-100 persen dan tingkat kematian tinggi pada ternak muda atau anakan.

“PMK banyak terdapat pada darah, air liur, dan jeroan hewan yang sakit,” ucapnya kepada mitrapost.com belum lama ini.

Dia menambahkan, terdapat beberapa langkah yang perlu diambil bagi konsumen dalam membeli daging. Sehingga, tidak dapat menyebarkan virus PMK ke lingkungan yang dapat menular ke hewan ternak melalui daging dan susu.

Baca Juga :   Alih-Alih Bertemu PSK, Lima Orang dari Bengkulu Dapati Polisi di LI

“Kami imbau kepada masyarakat, agar dapat membeli daging yang dipotong di rumah potong hewan. Karena di sana memang diawasi secara langsung oleh pemerintah dan ditandai dengan cap atau stempel di dagingnya,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati