oleh

THL Tidak Lulus Seleksi ASN, Masih Berkesempatan Jadi Pegawai Outsourcing

Pati, Mitrapost.com – Tenaga honorer di instansi pemerintah pusat dan daerah akan dihapuskan di tahun 2023 mendatang dan akan digantikan dengan PNS dan PPPK melalui seleksi ASN.

Banyak pertanyaan muncul terkait nasib tenaga honorer yang tidak memenuhi syarat atau tidak lolos dalam seleksi ASN.

Baru-baru ini pemerintah memberikan opsi baru bagi honorer atau tenaga harian lepas (THL) pemerintahan masih dapat diangkat menjadi pegawai dengan skema alih daya atau outsourcing, sesuai kebutuhan.

Sedangkan untuk besaran gajinya ditetapkan berdasarkan provinsi, Kementerian/Lembaga tempat bekerja bekerja, sehingga besaran nilainya berbeda untuk setiap wilayah.

Kebijakan ini akan diadopsi oleh seluruh Pemerintah Kabupaten Kota se-Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Pati.

Baca Juga :   Bambang Susilo Minta Takmir Kondisikan Jamaah Saat Malam Idul Fitri

Sekretaris Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Pati, Rizki Hermanu membenarkan adanya kebijakan tersebut.

Ia mengaku, BKPP Pati sudah mendapatkan surat edaran resmi dari pemerintah pusat. Namun sayangnya, untuk petunjuk teknis pengangkatan pegawai outsourcing belum dicantumkan.

“Suratnya sudah ada, cuman aturan teknisnya belum ada. Kita juga belum merapatkan lebih jauh,” ungkap Hermanu saat dihubungi Mitrapost.Com hari ini, Senin (6/6/2022).

Perlu diketahui, Kabupaten Pati hingga saat ini memiliki kurang lebih 2.000 tenaga honorer yang tersebar di berbagai instansi.

Berkaitan dengan kebijakan penghapusan tenaga honorer tahun 2023, hingga saat ini Pemkab Pati masih melakukan pemetaan pegawai di lingkungan instansi Pemda.

Bagi pegawai honorer yang memenuhi syarat, maka akan dapat diikutsertakan atau diberikan kesempatan untuk mengikuti seleksi ASN calon PNS maupun PPPK. (*)

Baca Juga :   PKS SMP N 1 Wedarijaksa Tampil pada Ajang Seleksi Paskibra Kabupaten Pati

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral