Fenomena Perigee Masih Berlangsung, BPBD Imbau Masyarakat Waspada

Pekalongan, Mitrapost.com – Fenomena Perigee diprediksi masih berlangsung di wilayah Jawa Tengah.

Hal tersebut disampsaikan oleh Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Tanjung Emas Semarang Ganis Erutjahjo.

Sebagai informasi, fenomena Perigee ini, menyebabkan terjadinya banjir rob yang terjadi di wilayah pesisir utara Jateng beberapa waktu lalu.

Fenomena Perigee membuat gelombang di Perairan Utara Jawa Tengah mencapai 2,5 meter dan menyebabkan banjir di sejumlah kawasan pesisir.

Fenomena Perigee merupakan fenomena astronomi di mana bulan sedang berada di perigee atau titik terdekat bulan terhadap bumi. Dampak paling utama dari fenomena perigee adalah peningkatan air pasang karena adanya gravitasi Bumi.

Kalakhar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan, Saminta melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana, Dimas Arga Yudha mengungkapkan bahwa, berdasarkan informasi dari BMKG yang diterima BPBD Kota Pekalongan bahwa Bulan Mei, Juni dan Juli posisi bulan dengan bumi di jarak terdekat sehingga pada bulan-bulan ini kemungkinan berdampak pada gelombang pasang.