oleh

Kenaikan Harga Cabai di Rembang, Dintanpan Beri Tanggapan

Rembang, Mitrapost.com – Kenaikan harga cabai yang signifikan selama sepekan, Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) beri tanggapan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan (Dintanpan) kabupaten Rembang Agus Iwan Haswanto menjelaskan, beberapa faktor yang menyebabkan kenaikan harga cabai bulan Juni di wilayah kabupaten Rembang.

Agus mengatakan, beberapa faktor yang menyebabkan kenaikan harga cabai di Rembang, mulai dari produksi petani cabai yang menurun. Hal ini disebabkan karena sudah melewati puncak panen sekitar bulan April sampai Mei. Sehingga harga cabai bulan Juni mengalami kenaikan.

“di Rembang sudah melewati puncak panen sekitar April sampai Mei. Juni produksi mulai menurun sehingga untuk memenuhi harga pasar kurang, ini penyebab dari kenaikan harga cabai,” kata Agus saat ditemui wartawan mitrapost.com Jumat (10/6/2022).

Penyebab lain dari kenaikan harga cabai juga dikarenakan para pedagang mendatangkan cabai dari luar wilayah Rembang. Sehingga menambah biaya transportasi penyuplai cabai.

“Stoknya (cabai) kurang, pengiriman kurang. Petani Rembang tidak bisa mencukupi pasar. Cabai merah saja dipasok dari Blora, kalau cabai rawit dari Madura,” ucap Agus

Lebih lanjut, harga cabai yang melambung tinggi disebabkan fenomena tahunan menjelang Iduladha. Dimana permintaan konsumen cabai tetap stabil hingga tinggi.

Ia juga menambahkan faktor lain yang menyebabkan harga cabai tinggi. Diantaranya adalah karena musim tahun ini kurang bagus untuk palawija, lantaran hujan yang turun tidak teratur dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sehingga mengakibatkan produksi cabai menurun.

Sebagai informasi, berikut harga cabai di Pasar Induk Rembang. Cabai merah keriting naik dari Rp40 ribu menjadi Rp65 ribu per kilogram. Harga cabai hijau juga naik dari Rp20 ribu menjadi Rp30 ribu per kilogram. Adapun harga cabai rawit naik dari Rp24 ribu menjadi Rp45 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga semua jenis cabai wilayah Rembang sekitar 35 sampai 50 persen perkilonya,” terangnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral