Mengenal Perayaan Juneteenth dari Amerika Serikat

Mitrapost.com – Pada Minggu, 19 Juni 2022 kemarin, warga kulit hitam AS di Bangkok merayakan Juneteenth. Perayaan Juneteenth sendiri merupakan hari libur federal yang diakui setelah presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menandatangani RUU menjadi undang-undang pada Kamis (17/6/2021). Undang-undang tersebut kemudian dikenal sebagai Undang-Undang Hari Kemerdekaan Nasional Juneteenth.

Kata Juneteenth sendiri merupakan gabungan dari kata “June” yang berarti Juni dan “nineteenth” yang berarti sembilan belas. Perayaan Juneteenth sendiri diperingati setiap tanggal 19 Juni tiap tahunnya.

Juneteenth dijadikan perayaan karena menjadi hari untuk memperingati berakhirnya perbudakan di Amerika Serikat. Nama lain dari perayaan ini adalah Hari Emansipasi atau Hari Kemerdekaan Juneteenth.

Baca Juga :   Lahan Tani Menyempit Karena Penambangan, Pemuda Asal Sale Pilih Bisnis Hidroponik

Sejarah perayaan ini diawali pada tahun 1863, di mana saat itu terjadi Perang Saudara Amerika. Presiden yang menjabat saat itu yaitu Abraham Lincoln, kemudian mengeluarkan Proklamasi Emansipasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati