oleh

Posisi Bulan Menjauh, BPBD Pati Sebut Potensi Rob Banjir Sudah Turun

Pati, Mitrapost.com – Kepala Seksi Pencegahan pada kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati Hermain mengatakan bahwa potensi bencana susulan rob banjir pesisir di Kabupaten Pati mulai menurun.

Hal ini dapat dilihat dari perhitungan konstanta pasang surut pasang laut harian yang sudah turun di rata-rata 1,1 hingga 1,2.

Perhitungan konstanta dianggapnya masih relevan dan cukup akurat dalam menentukan terjadinya rob di suatu daerah.

“Bencana susulan potensinya turun. Bahan bakunya turun. Bahan bakunya pasang ditembak angin. Ini 1,2 pasang lautnya. Pasang laut setiap hari kan ada pasang naik dan surut. Pasang naik tergantung bulan ada puncaknya ya di Bulan kemarin,” ujar Hermain saat ditemui di kantornya belum lama ini.

Baca Juga :   Ketersediaan Tenaga Vaksinator Untuk Percepat Vaksinasi di Pati Cukup

Imbuh Hermain, selain perhitungan pasang surut, posisi Bulan saat ini juga semakin menjauhi bumi.

Dijelaskannya, potensi banjir pesisir di beberapa waktu yang lalu diakibatkan karena fase Bulan Purnama yang terlalu mendekati bumi, atau kondisi ini disebut Perigee.

Sederhananya, Ketika Bulan Purnama terjadi di Perigee akan mempengaruhi pasang surut di permukaan Bumi yang paling dekat dengan posisi Bulan.

“Di bulan ini dimana bulan dekat dengan bumi ketinggian 1,4 sekarang ketinggiannya 1,2 artinya kalau ada hantaman angin tidak begitu bisa menghasilkan rob,” terang Hermain.

Meski demikian, masyarakat di pesisir yang daerahnya berpotensi mengalami banjir Rob seperti di Kecamatan Dukuhseti dan Tayu, diminta tetap waspada terhadap kemungkinan yang terjadi. Mengingat hingga penghujung Bulan Juni ini curah hujan masih sangat tinggi.

Baca Juga :   Pantai Kertomulyo Jadi Sasaran Wisatawan, Pokdarwis Harapkan Adanya Penambahan Fasilitas

“Saya juga menyarankan di daerah Tunggulsari (Kecamatan Tayu) kan mangrove gundul separo akibat kemarin. Tetap merawat dan memperkuat mangrove jangan sampai ditebang. Untuk mengamankan wilayah dari ombak laut,” tandas Hermain. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral