oleh

Sapi Perah Jadi Prioritas Vaksinasi PMK di Pekalongan

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pekalongan, Mitrapost.com – Sapi perah menjadi hewan ternak yang diprioritaskan untuk menerima vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) di kota Pekalongan.

Vaksinasi PMK ini menjadi upaya yang dilakukan oleh pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) dalam menangani wabah PMK.

Menindaklanjuti pelaksanaan program vaksinasi tersebut, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) setempat telah mendapatkan alokasi 100 dosis vaksin PMK yang rencananya penyuntikan akan dilakukan mulai besok Rabu,29 Juni 2022.

Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Muadi menjelaskan bahwa, untuk vaksinasi PMK, Kota Pekalongan telah menerima dosis vaksin sejak tanggal 24 Juni 2022 dari Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi sebanyak 100 dosis vaksin. Menurutnya, vaksinasi PMK yang diterima ini merupakan pendistribusian tahap pertama yang diprioritaskan untuk ternak yang sehat.

Baca Juga :   Setuju Perpanjangan PPKM, Ganjar Minta Peran Aktif Warga Jateng

“Sesuai arahan Pemerintahan Pusat dan Pemerintah Provinsi vaksin PMK tahap pertama ini diutamakan untuk sapi perah yang belum terinfeksi PMK, karena sapi perah ini dikonsumsi oleh masyarakat dengan pemanfaatan berupa susu sapi untuk kesehatan masyarakat,” tutur Muadi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/6/2022).

Ia menambahkan, untuk alokasi vaksin yang telah diterima pihaknya dalam tahap pertama, belum mencukupi dan hanya mencapai 50 persen dari target sasaran. Dimana alokasi vaksin yang disalurkan dalam tahap pertama adalah sebanyak 200 dosis vaksin.

Kendati demikian, Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjamin akan mendistribusikan kembali vaksin PMK pada tahap selanjutnya. Adapun untuk penyuntikan vaksin PMK ini takarannya 2 cc per ekor sekali suntik.

Baca Juga :   Rob Melanda Pekalongan, 157 Jiwa Mengungsi

“Rencana penyuntikan vaksin PMK di Kota Pekalongan akan kami mulai besok Rabu dan Kamis, tanggal 29-30 Juni 2022 dengan menerjunkan tim vaksinasi kesehatan hewan yang terdiri dari jajaran Dinperpa, medik dan paramedik hewan ke lokasi kandang-kandang ternak maupun penampungan usaha peternakan,” terangnya.

Ditambahkan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan pada Dinperpa Kota Pekalongan, Ilena Palupi memaparkan bahwa, per tanggal 25 Juni 2022, tercatat data suspek PMK sebanyak 208 ekor sapi, dimana 75 ekor sapi diantaranya dinyatakan sembuh, mati atau dipotong di RPH maupun dijual sebanyak 25 ekor sapi, sedangkan sisanya sekitar 108 ekor sapi masih dalam proses penyembuhan oleh tenaga medis Dinperpa Kota Pekalongan.

Baca Juga :   Masyarakat Diminta Lapor Jika Temukan Indikasi Penyakit Mulut dan Kuku

“Adapun untuk pelaksanaan vaksinasi PMK tahap pertama yang dimulai besok, Dinperpa menerjunkan dua tim, dimana tim pertama akan melangsungkan vaksinasi di peternakan daerah Panjang Baru dengan populasi 50 ekor sapi, kemudian tim kedua akan terjun di peternakan yang ada di Kelurahan Degayu dengan jumlah populasi 30 ekor sapi, serta sisanya akan diberikan ke wilayah Kuripan Yosorejo,” pungkas Ilena. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar