Refocusing Anggaran Pengadaan, Dinarpus Pati Buka Program Donasi Buku

Pati, Mitrapost.com – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Pati mencanangkan program donasi buku untuk menunjang pengadaan buku bacaan dan meningkatkan budaya literasi di Bumi Mina Tani.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinarpus Pati, Priyono Arif Fandillah mengatakan, kebutuhan akan buku bacaan di Pati masih tinggi. Terutama untuk di perpustakaan sekolah dan desa.

Sayangnya, anggaran dari pemerintah untuk operasional perpustakaan tingkat daerah maupun desa sangat terbatas, sehingga pengadaan buku masih menjadi pekerjaan rumah bagi pegiat perpustakaan.

Tambah dia, karena program pengadaan buku tidak masuk dalam kebutuhan daerah yang esensial selama masa pandemi, pemerintah melakukan refocusing anggaran untuk pengadaan buku fisik. Kebijakan tersebut tentunya menghambat tumbuh kembangnya perpustakaan.

Baca Juga :   Resmikan Zerone Japan Workshop, Bupati Pati Harapkan Mampu Serap Tenaga Kerja Muda

“Kebutuhan untuk buku Dinarpus cukup dinamis. Database buku kita ada sekitar 44 ribu judul dan 70 ribu eksemplar. Buku kita banyak tapi masih butuh banyak anggaran. Sebelumnya setahun dapat Rp20 juta. Tapi kalau mencukupi permintaan pihak perpusdes dan sekolah tidak mencukupi. Apalagi kita kena refocusing,” kata Arief kepada Mitrapost.com, Rabu (13/7/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati