BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi Selama 2 Hari

Mitrapost.com – Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan adanya potensi gelombang tinggi selama dua hari di wilayah perairan.

Gelombang tinggi tersebut terjadi mulai hari ini, Kamis (14/7/2022) hingga besok Jumat (15/7/2022).

Gelombang paling tinggi 4 meter, berpotensi terjadi di Perairan Sorong bagian selatan.

BMKG juga menjelaskan bahwa pola angin yang terjadi di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Sementara itu, di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Timur-Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

Adapun kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan Fakfak – Kaimana, Laut Banda, Perairan Kepulauan Sermata-Kepulauan Tanimbar, perairan Kepulauan Kei-Kepulauan Aru, dan Laut Arafuru.

Baca Juga :   Prakiraan Cuaca Kabupaten Pati, Selasa 17 Agustus 2021

Pada situasi tersebut, menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter.

Diantaranya terjadi di Selat Malaka bagian utara, perairan Lhokseumawe, perairan timur Pulau Simeulue, Teluk Lampung bagian selatan, Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba, Laut Sawu, Selat Ombai, perairan utara Kupang – Pulau Rote, dan Laut Natuna Utara.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati