Pemda Pati Siap Biayai Pengobatan Pasien Hepatitis Akut

Pati, Mitrapost.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Pati menyatakan bahwa penyakit hepatitis akut atau hepatitis unknown masuk dalam kategori kejadian luar biasa. Bagi masyarakat yang terjangkit penyakit ini akan mendapatkan fasilitasi pengobatan gratis dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Pati, Joko Leksono mengatakan, untuk deteksi awal, masyarakat bisa datang ke puskesmas kecamatan terdekat.

Semua jenis pemeriksaan, perawatan, dan terapi diabetes akan dijamin oleh BPJS kesehatan. Sementara bagi yang tidak ikut dalam kepesertaan BPJS, biaya pengobatan akan ditanggung oleh Pemerintah daerah.

“Jika ada gejala langsung dibiayai BPJS. Kalau tidak, ada akan dicover Pemda, ada anggaran untuk itu,” ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Pati, Joko Leksono.

Baca Juga :   Lapas Pati Lakukan Skrining TBC, 9 WBP Dinyatakan Suspect

Adapun gejala awal hepatitis diantaranya Mual, Muntah, Diare Berat, dan Demam Ringan. Gejala bisa berlanjut dengan air kencing berwarna pekat seperti teh dan BAB berwarna putih pucat, warna mata dan kulit menguning, gangguan pembekuan darah, kejang, dan kesadaran menurun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati