Inilah Tanda Anda Punya Inferiority Complex

Mitrapost.com – Berkumpul atau berteman dengan orang yang memiliki kedudukan atau status sosial yang lebih tinggi, terkadang bisa memunculkan rasa tidak percaya diri. Namun jika rasa tidak percaya diri yang Anda sering terjadi, bisa saja Anda memiliki inferiority complex.

Inferiority complex merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut orang yang memiliki citra negatif sehingga menjadi rendah diri.

Orang seperti ini akan menganggap orang lain selalu lebih baik dari dirinya sendiri, padahal hal itu hanyalah anggapan dirinya saja dan tak selalu benar.

Akibatnya, orang tersebut menjadi sering merasa tidak bahagia dan merasa selalu kurang dengan dirinya sendiri.

Inilah tanda Anda memiliki inferiority complex.

Baca Juga :   Tips Mewarnai Rambut secara Alami dengan Bahan Organik

Komunikasi Berjalan Satu Arah

Komunikasi yang sehat semestinya terjadi dua arah. Masing-masing mendapat giliran seimbang sebagai pendengar maupun pembicara.

Namun, seseorang yang memiliki perasaan inferior, akan selalu berada di pihak pendengar. Anda merasa tidak percaya diri untuk mengungkapkan topik atau pendapatmu sendiri di hadapan orang lain. Merasa kalau pandangan Anda tidak keren, pembicaraan Anda tidak berbobot, atau pemikiran negatif lainnya.

Saat Berbicara Tidak Melakukan Kontak Mata

Memang ada yang sulit melakukan kontak mata ketika bicara karena merasa tidak nyaman. Tapi, ada pula yang tidak melakukan kontak mata akibat perasaan rendah diri yang dialami.