oleh

Pembangunan Gedung Anjungan Siap Kerja di KIT Batang Dimulai, Masyarakat Setempat Jadi Prioritas

Batang, Mitrapost.com – Pembangunan gedung anjungan siap kerja di kawasan industri terpadu (KIT) Batang telah dimulai.

Sebagai informasi, peletakan batu pertama pembangunan dilakukan oleh Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah pada Jumat (6/8/2022).

Dalam acara tersebut, penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan bahwa KIT Batang dipilih sebagai tumpuan industri di Indonesia.

“KIT Batang dipilih Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk menjadi tumpuan industri di Indonesia dan memberikan kesempatan kerja seluas-luasnya bagi pencari kerja,” tegasnya.

Pada 5 tahun mendatang KIT Batang akan membutuhkan 280.000 tenaga kerja baru. Saat ini saja pada fase pertama sudah sold out atau terjual semua kepada 12 tenant yang sudah deal berinvestasi di KIT.

Baca Juga :   Pasca Kebakaran 13 Tahun Silam, Pasar Rejosari Salatiga Resmi Beroperasi Kembali

“Dari 12 tenant itu rencananya ada 3 tenant yang akan beroperasi pada pertengahan tahun 2023,” jelasnya.

Oleh karenanya, dengan adanya gedung anjungan siap kerja, masyarakat Batang diharapkan bisa diprioritaskan terlebih dahulu.

“Dengan adanya KIT Batang saya titip untuk masyarakat Kabupaten Batang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Jangan sampai mereka hanya menjadi penonton saja di tanah kelahirannya,” ungkapnya.

Dengan begitu, untuk mengurangi kesenjangan kompetensi, perlu adanya solusi untuk para tenaga lokal.

“Kesenjangan kompetensi juga yang harus diselesaikan muncul hanya disebabkan ada bidang keahlian bisa dipenuhi tenaga lokal,” ujar dia. (*)