Wayang Topeng Soneyan di Pati Dapat Penghargaan WBTB

Pati, Mitrapost.com – Seni budaya tradisional wayang topeng yang berasal dari Dukuh Kedungpanjang Desa Soneyan, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Sertifikat diberikan oleh Bupati Pati Haryanto kepada Kepala Desa Soneyan saat upacara peringatan Hari Jadi Ke-699 Kabupaten Pati di halaman Sekretariat Daerah, Minggu (7/8/2022).

Kepala Desa Soneyan, Margi Siswanto mengatakan, wayang topeng merupakan warisan leluhur yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

“Di Kabupaten Pati, bahkan tidak hanya di Kabupaten Pati saja, tapi di Jawa Tengah satu-satunya hanya di Desa Soneyan,” ucapnya.

Menurutnya, cara merawat dan melestarikan wayang topeng, jika setiap ada sedekah bumi wayang topeng akan ditampilkan. Bahkan para pemain maupun penabuh karawit semuanya merupakan warga setempat.

Baca Juga :   Siswa SMP N 1 Tambakromo Korban Kekerasan, Sudah Kembali Bersekolah

Ia menambahkan, wayang topeng ini berbeda dengan yang lainnya. Karena wayang topeng di Desa Soneyan menggunakan topeng tidak memakai tali agar tidak lepas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati