Kambing Rentan Mati karena PMK, Peternak Tunggu Peran Pemerintah

Pati, Mitrapost.com – Vaksinasi PMK di Kabupaten Pati belum menyasar ternak selain sapi. Peternak kambing harapkan vaksinasi dapat dilakukan merata.

Sekretaris Paguyuban Peternak Domba dan Kambing Pati, Udhi Harsilo Nugroho menerangkan bahwa sebenarnya tingkat fatalitas kematian virus PMK pada kambing lebih tinggi dibandingkan sapi. Menurutnya, jarang ada kambing yang bisa bertahan hidup saat terserang PMK.

“Kambing kena tewas gitu aja. Kalau kambing itu kan gini mungkin agak lebih kuat, tapi kalau sudah kena jarang ada yang bisa bertahan hidup,” kata Udhi kepada Mitrapost.com belum lama ini.

Imbuhnya, sebenarnya banyak kambing yang tertular PMK, namun tidak masuk dalam pendataan dinas. Lebih lanjut, ia mengatakan, tingkat kerugian akibat kematian kambing juga tidak sebanyak sapi. Oleh karenanya, ia memaklumi jika sapi diutamakan untuk vaksinasi.

Baca Juga :   Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Pati Tinggal Satu

Meski demikian, ia mengharapkan dalam dropping vaksinasi PMK nantinya akan menyasar ke peternak kambing untuk memberi kekebalan tubuh ternak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati