Nama-nama Tokoh PPKI yang Berperan Merumuskan Konstitusi

Mitrapost.com – Pada proses menuju kemerdekaan Republik Indonesia, peran serta Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) cukup penting.

Meski Jepang ikut menentukan kepanitiaan PPKI, tapi tak dapat disangkal jasa PPKI sangat penting dalam proses perumusan kemerdekaan Indonesia.

Sebagai informasi, usai Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) resmi dibubarkan pada 7 Agustus 1945, muncullah PPKI yang diketuai oleh Ir. Soekarno dan wakilnya Drs. Moh. Hatta.

Diketahui, anggota PPKI yang disetujui oleh Jepang berjumlah 21 orang. Namun, tanpa persetujuan pemerintah Jepang jumlah tersebut ditambah menjadi 6 orang hingga menjadi 27 orang.

Tujuan dari penambahan anggota tanpa persetujuan Jepang menunjukkan bahwa PPKI milik bangsa Indonesia sendiri untuk mempersiapkan kemerdekaannya.

Baca Juga :   Pembentukkan PPKI pada 7 Agustus 1945 Hingga Proklamasi

Komposisi keanggotaan PPKI tersusun atas beberapa anggota yang berasal dari berbagai daerah sebagaimana dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial SMP yang ditulis oleh Sugiharsono dkk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati