Awas Cacar Monyet !! 5 Cara Atasi Penularannya

Meskipun namanya adalah cacar monyet, namun monyet bukanlah penyebab utamanya. Bisa saja disebabkan oleh hewan lain, seperti tupai atau bahkan tikus. Namun demikian, belum ada kepastian mengenai spesifikasinya dan masih diperlukan penelitian lebih lanjut serta mendalam.

Meskipun tidak begitu berbahaya, namun kamu juga perlu mewaspadainya. Gejala cacar monyet ini pada umumnya hamper sama dengan cacar biasanya. Biasanya gejala cacar monyet ini akan muncul sekitar 5 sampai 21 hari setelah si penderita terinfeksi virus monkeypox. Penderitanya akan muncul bintil berair seperti cacar pada umumunya. Setelah  itu, bintil akan bernanah dan menimbulkan benjolan.

Selain itu, penderita juga akan merasakan demam, letih, lesu, lemas, menggigil, sakit kepala hingga nyeri otot. Setelah itu akan menimbulkan ruam di wajah dan menyebar ke seluruh tubuh. Jika kamu merasa memiliki gejala seperti di atas, segeralah periksa ke dokter. Meskipun sampai saat ini masih belum ada pengobatan yang efektif untuk menyembuhkan cacar monyet. Namun, penyakit ini dapat dicegah penyebarannya melalui vaksin cacar (smallpox).