oleh

Gelar Dialog Lintas Agama di Juwana, FKUB Beri Wawasan Kebangsaan dan Moderasi Beragama

Pati, Mitrapost.com – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Pati menggelar Dialog Lintas Agama di Kantor Kecamatan Juwana hari ini, Rabu (24/8/22).

Acara yang mengumpulkan para tokoh agama se-eks Kawedanan Juwana itu diikuti oleh 75 peserta dari Kecamatan Juwana, Trangkil, Wedarijaksa, dan Batangan.

Ketua FKUB Pati, Ahmad Khoiron mengatakan acara ini dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi antar umat beragama di Bumi Mina Tani.

“Kegiatan Dialog Lintas Agama itu kami mengumpulkan masyarakat se-eks Kawedanan Juwana untuk berdialog bersama. Karena Indonesia itu terdiri berbagai macam agama. Bukan hanya agama Islam yang ada di Indonesia. Kita pilih Juwana juga kan karena di sini masyarakatnya berbeda-beda kepercayaan,” ujar Khoiron dalam sambutannya.

Baca Juga :   10 Ayat Pertama Surat Al Kahfi Jadi Pelindung Fitnah Dajjal

Secara umum, dialog antar umat beragama membahas tentang moderasi beragama atau beragama jalan tengah. Memahami agama tidak fanatik dan tidak apatis.

Selain itu para peserta diskusi diberikan materi tentang wawasan kebangsaan dari Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Khoiron dalam materinya menjelaskan, konflik keberagaman yang saat ini sering terjadi diakibatkan oleh para pemeluk agama yang kurang toleransi dan tidak menghargai agama lain.

Umat beragama diharapkan pintar bertenggang rasa agar tidak menimbulkan konflik antar umat beragama.

“Respon manusia terhadap argumen agama bisa saja disalahpahami. Sehingga perlu diulang-ulang diluruskan jangan sampai miss komunikasi dalam lintas agama khususnya internal agama,” ujar Khoiron.

Perlu diketahui, acara Dialog Lintas Agama sudah digelar sebanyak dua kali. Sebelum di Juwana dialog serupa pernah dilakukan di Kecamatan Tayu.

Baca Juga :   Video : KAMPOENG AIR RESTO Juwana - Pati || Drone Footage - Cinematic 2021

Setelah dari Juwana, dialog selanjutnya akan digelar di Kecamatan Kayen dan Jakenan. Dilanjutkan bergilir hingga menyasar ke seluruh kecamatan se-Kabupaten Pati. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral