Hari Ini, Gubernur Jateng Serahkan Bantuan Instalasi BSG Senilai Rp199 Juta

Karanganyar, Mitrapost.com – Pada hari ini, Kamis (25/8/2022), gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan instalasi Biogenic Shallow Gas (BSG) senilai Rp199 juta.

Bantuan ini diserahkan di Desa Krendowahono, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi terbarukan masyarakat setempat.

Ganjar menjelaskan, gas biogenik dikenal sebagai gas rawa atau gas dangkal, yang terbentuk dari bakteri metanogenik pada lingkungan anaerobik, khususnya pada daerah-daerah yang tingkat sedimentasinya sangat tinggi.

“Sebenarnya dari ESDM provinsi sudah mencoba menggali energi terbarukan itu banyak sekali, dan banyak gas rawa di beberapa tempat,” ujarnya.

Ditambahkan, awalnya di Desa Krendowahono ditemukan gas rawa dan sempat membuat geger warga setempat. Bahkan, di lokasi kejadian harus diberi garis polisi, karena airnya dapat dibakar.

Baca Juga :   Furnitur Jateng Tembus Pasar Internasional, Pelaku UMKM Merasa Senang

“Masyarakat panik, akhirnya di-police line. Nah, kita terjunkan tim dan ada risetnya akhirnya nemu gas itu bisa dimanfaatkan. Dari situlah kemudian itu untuk kesekian kali kita mencari sumberdaya gas rawa yang ada, kita distribusikan ke masyarakat,” lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati