7 Motor Listrik yang Dijual di Indonesia

Mitrapost.com – Berbagai motor listrik yang kini dijual di Indonesia menjadi sangat populer akhir – akhir ini. Salah satu penyebabnya karena kenaikan harga BBM. Per 3 September 2022 harga BBM mengalami kenaikan untuk jenis Pertalite, Pertamax, dan Solar. Naiknya harga bahan bakar minyak membuat masyarakat mencari alternatif kendaraan ramah lingkungan.

Kendaraan motor listrik menarik perhatian masyarakat karena dianggap sebagai salah satu solusi yang dapat dipakai di tengah kenaikan BBM yang terjadi secara terus menerus. Penggunaan baterai alih-alih bahan bakar menjadi salah satu alasan untuk menghemat pengeluaran harian.

motor listrik adalah kendaraan yang memanfaatkan tenaga listrik sebagai motor penggerak mesin. Terdapat keuntungan mengendarai motor listrik, antara lain baterai yang bisa diisi ulang, bebas polusi, dan ramah lingkungan.

Baca Juga :   308.125 Kendaraan Tinggalkan Jakarta

Berikut adalah beberapa merk motor listrik yang ada di Indonesia yang bisa dipertimbangkan jika ingin membelinya.

Motor Listrik di Indonesia

  1. Volta

Produk ini diproduksi dari PT Volta Indonesia Semesta. Volta 401 menerapkan Battery Replacement System alias Sistem Ganti Baterai (SGB). Motor listrik ini mengandalkan baterai 60V20Ah Lithium-ion dengan motor bertenaga 1,5 KW. Sedangkan untuk pengisian dayanya membutuhkan waktu 6-8 jam. Dilansir dari laman resminya, harga Volta 401 berkisar mulai dari 15,7 juta rupiah.

  1. ECGO 2

ECGO-2 pertama kali meluncur di GIIAS 2019. Motor listrik ini dibanderol dengan harga sekitar 11 juta rupiah saja. ECGO 2 mampu melaju dengan kecepatan maksimal 60 km/jam dengan jarak tempuh 70 km. Menariknya, produk ini menawarkan konsep sewa baterai kepada para pembelinya dengan harga 95 ribu rupiah per 30 hari.

  1. Selis

Merk Selis tipe E-Max dilengkapi dengan baterai SLA 60 Volts 25 AH dengan tenaga penggerak 1200 Watt. Motor ini dapat melaju dengan kecepatan 50 km/jam. Jika terisi penuh Selis tipa E-Max dapat menempuh jarak 120 km. Dilansir dari laman resminya, harganya adalah 28 juta rupiah untuk baterai ganda dan 22 juta rupiah untuk baterai tunggal.

  1. Alva One

Alva One yang baru diluncurkan dalam GIIAS 2022 adalah merek lokal di bawah naungan PT Ilectra Motor Group (IMG). Alva One memiliki tiga mode berkendara yakni Eco, Cruise, dan e-Sport, yang masing-masing memiliki batas kecepatan 43 km per jam, 70 km per jam, dan 90 km per jam.