Kisah Penjaga Makam Pahlawan di Pati, Tetap Ikhlas Meski Gaji di bawah UMR dan Sering Tombok

Pati, Mitrapost.com – Kasminto (71) penjaga Taman Makam Pahlawan Giri Dharma di Desa Puri, Kecamatan Pati Kota setiap harinya sendirian merawat dan membersihkan makam para pejuang kemerdekaan asal Bumi Mina Tani.

Ia menceritakan, sudah menjaga makam sejak berusia 23 tahun, tepatnya pada tahun 1974. Tugas menjaga makam ia peroleh atas penunjukan dari Pemerintah Kabupaten Pati yang menjabat pada saat itu. Awalnya ada 3 orang yang ditunjuk menjadi penjaga Taman Makam Pahlawan, namun kini tinggal dirinya seorang.

Selain menjaga makam, kakek asal Desa Puri RT 3/I tersebut mengaku tidak pernah melakoni pekerjaan lain.

“Dari makam pahlawan saya mulai 74 sampai sekarang. Saya ditunjuk dari dinas suruh merawat. Ini dikerjakan hanya saya saja, dulu 3 orang waktu di pegang departemen sosial. Hanya menjaga keamanan dan merawat kebersihan,” kata Kasminto saat diwawancara mitrapost.com di sela membersihkan area makam pahlawan.

Baca Juga :   Vaksin Covid-19 Masih Ampuh Melawan Varian Omicron Centaurus

Sehari-hari, Kasminto melakukan pekerjaan standar penjaga makam. Seperti menyapu, membuang sampah, mengganti lampu, mengecat tembok, hingga menggali kubur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati