oleh

Cara Minum Kopi dan Teh Agar Lebih Sehat

Mitrapost.com – Minum kopi dan teh sekarang ini sudah menjadi kebiasaan yang tak lepas dari anak muda. Pasalnya, banyak jenis varian kopi dan teh yang dijual di pasaran, sehingga membuat para anak muda menjadi semakin tertarik untuk mencobanya.

Apalagi menu teh dan kopi menjadi andalan di hampir semua cafe di Indonesia. Lantas, bagaimana agar mengonsumsi kopi dan teh tetap menyehatkan?

Jika Anda minum kopi dan teh dengan tambahan pemanis seperti gula, tanpa sadar akan dengan mudah menambah gula dengan kalori kosong, yang memberi Anda kalori tanpa nutrisi.

Jika Anda mengonsumsi banyak gula juga dapat menyebabkan bertambahnya berat badan, obesitas, hingga peningkatan risiko diabetes dan penyakit lainnya.

Namun jika Anda ingin tetap sehat dan terhindar dari resiko penyakit tersebut, maka gula yang ditambahkan harus berkontribusi tidak lebih dari 10 persen dari asupan energi harian kita.

Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jika mengenai nutrisi, maka manusia tidak membutuhkan gula dalam makanan. Sehingga harus mengurangi asupan gula serendah mungkin.

WHO merekomendasikan untuk mengonsumsi gula tidak lebih dari 10 persen dari total asupan energi harian, yaitu sekitar 10 sendok teh gula setiap hari (berdasarkan diet 2.000 kalori).

Untuk lebih sehat, Anda justru dianjurkan untuk mengurangi hingga 5 persen dari total asupan energi atau setara dengan 5 sendok teh gula per hari.

Jika tanpa gula, kopi hitam dan teh sendiri memiliki manfaat yang baik. Manfaat kafein dalam kopi diantaranya untuk meningkatkan memori, suasana hati, hingga tingkat energi.

Selain itu, kopi juga bisa membakar lemak dan menurunkan berat badan secara tidak langsung. Bahkan penelitian juga mengungkap jika kafein dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, hingga penyakit Alzheimer.

Namun, jika Anda menambahkan zat tambahan seperti gula dan susu, semua manfaat dapat menghilang. Tak hanya itu, penelitian juga menunjukkan bahwa tambahan susu juga secara aktif mengurangi manfaat sehat pada minuman tersebut.

Itulah cara minum kopi dan teh agar lebih sehat. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral